Ulasan Prestasi Timnas di Piala AFF

Bagikan Berita Ini

Piala AFF telah bergulir selama 20 tahun, dan Indonesia tercatat sebagai salah satu negara peserta yang patut ditakuti kekutannya. Meskipun belum pernah menjadi juara, ada berbagai pencapaian atau Prestasi Timnas di Piala AFF mulai dari masuk final sampai beberapa kali. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai semua prestasi yang telah ditorehkan oleh Timas Indonesia di ajang Piala AFF, berikut ini adalah ulasan singkat tentang perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF dari tahun 1996 hingga Piala AFF 2014 lalu.

Piala Tiger 1996 – 2000

Masih bernama sebagai Piala Tiger, kejuaraan sepak bola ini digelar di Singapura untuk pertama kali. Saat itu, negara yang angkat piala ialah Thailand. Untuk Indonesia sendiri, saat itu harus puas berada di posisi 4 setelah alami kekalahan dari Vietn dengan skor 3-2. Untuk turmamen Piala Tiger 1998, yang berhasil menjadi juara ialah Singapura yang telah kalahkan tim tuan rumah Vietnam. Sedangkan Indonesia pada perhelatan tahun 1998 tersebut menempati posisi ketiga setelah menangkan adu pinalti dengan Thailand.

Di Piala Tiger 2000, Indonesia mampu tampil sebagai salah satu finalis dalam babak final untuk pertama kalinya. Namun, Thailand yanh saat itu menjadi tuan rumah Piala Tiger saat itu berhasil mengalahkah Indonesia dengan skor pertandingan 4-1. Pada tahun 2002, Indonesia dan Singapura adalah tuan rumah Piala Tiger. Pada perhelatan ini, Indonesia kembali masuk final dengan Thailand. Sayangnya, lndonesia harus takluk lagi setelah adu pinalti. Prestasi Timnas di Piala AFF di Piala Tiger 2004 ialah mampu masuk final dengan Singapura. Hanya saja, impian Indonesia untuk mengangkat piala kembali pupus setelah takluk dengan Singapura.

Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2007

Pada tahun 2007, Prestasi Timnas di Piala AFF Indonesia bisa dikatakan kurang beruntung. Timnas Indonesia bahkan tidak bisa menembus semifinal setelah gagal dalam fase penyisihan Grup A bersama Vietnam, Laos dan Singapura.

Piala AFF 2008 – 2014

Prestasi Timnas di Piala AFF tahun 2008 pun cukup mengecewakan. Indonesia tidak mampu masuk final setelah dihadang Thailand pada laga tandang dan juga laga tandang. Pada tahun 2010, Timnas Indonesi bisa dikatakan cukup beruntung. Tapi pada akhirnya kecewa sebab Indonesia yang masuk final dengan Malaysia harus kalah dan menjadi runner up. Padahal sebelumnya, Indonesia mampu membantai Malaysia 5-1. Sedangkan pada Piala AFF 2012, Indonesia harus kecewa setelah tidak mampu lolos dari fase penyisihan grup untuk ke semifinal. Hampir sama dengan turnamen sebelumnya, Prestasi Timnas di Piala AFF tahun 2014 pun mengecewakan meskipun skuad timnas dihuni pemain terbaik. Saat itu Indonesia harus puas berada di posisi 3 pada fase grup.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment