Track-Record dan Daftar Medali Indonesia di Semua Olimpiade

Bagikan Berita Ini

Indonesia termasuk negara yang cukup aktif mengirimkan wakilnya ke ajang pesta olahraga terbesar di dunia yakni Olimpiade. Daftar medali Indonesia di semua Olimpiade juga bervariasi dari tahun ke tahun. Indonesia pertama kali mengikuti Olimpiade Helsinki di Finlandia pada 1952 di mana negara kita mengirim wakilnya sebanyak tiga orang atlet di tiga cabang olahraga berbeda. Medali Olimpiade pertama Indonesia didapat pada Olimpiade Seoul 1988 di mana dari dua puluh sembilan atlet yang berlaga di sebelas cabang olahraga, salah satunya berhasil mendapat medali perak.

Berlanjut pada Olimpiade Barcelona pada 1992 di mana Indonesia berhasil mengumpulkan dua medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu serta berada di peringkat dua puluh empat dunia. Pembawa bendera dari Indonesia kala itu adalah Christian Hadinata. Daftar medali Indonesia di semua Olimpiade kembali bertambah ketika pada gelaran Olimpiade Atlanta pada 1996, Indonesia berhasil mengumpulkan masing-masing satu medali emas dan perak serta satu medali perunggu. Kemudian pada Olimpiade Sydney 2000, Indonesia mengumpulkan satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu.

Pada Olimpiade Athena tahun 2004, Indonesia berhasil mengumpulkan satu medali emas dan perak serta dua medali perunggu. Kemudian pada Olimpiade Beijing di tahun 2008, Indonesia mengumpulkan satu medali emas dan perak serta tiga medali perunggu. Berlanjut pada Olimpiade London 2012, Indonesia mendapat satu medali perak dan satu medali perunggu. Totalnya hingga kini Indonesia telah mengumpulkan enam medali emas, sepuluh medali perak dan sebelas medali perunggu. Secara keseluruhan Indonesia memiliki koleksi dua puluh tujuh medali Olimpiade.

Track-Record dan Daftar Medali Indonesia di Semua Olimpiade

Track-Record dan Daftar Medali Indonesia di Semua Olimpiade

Jika melihat jumlah medali yang dikumpulkan Indonesia berdasarkan cabang olahraganya, maka bulutangkis menjadi yang paling banyak menyumbangkan medali dalam daftar medali Indonesia di semua Olimpiade. Total Indonesia mendapat masing-masing enam medali emas, perak dan perunggu di cabang olahraga bulutangkis. Berikutnya ada cabang olahraga angkat besi yang menyumbang tiga medali perak dan lima medali perunggu. Terakhir adalah cabang olahraga panahan yang menyumbang satu medali perak. Prestasi ini tentu cukup membanggakan dengan total dua puluh tujuh medali dari tiga cabang olahraga berbeda.

Tahun ini, Indonesia memiliki peluang untuk menambah daftar medali Indonesia di semua Olimpiade. Pada pesta olahraga akbar Olimpiade Rio 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, kontingen Indonesia mengirim dua puluh lima atlet yang terbagi ke dalam beberapa cabang olahraga berbeda. Termasuk di antaranya adalah bulutangkis yang menyumbang atlet terbanyak di mana negara kita memiliki sejarah manis dengan pernah memenangkan medali emas Olimpiade. Semoga sejarah kembali terulang pada Olimpiade Rio 2016 kali ini, baik pada cabang olahraga bulutangkis maupun cabang olahraga lainnya.

Update News. Indonesia Berhasil meraih MedaliĀ pertama dari Cabang Angkat Besi Setelah Sri Wahyuni Memperoleh PerakĀ 

Dicari dengan kata kunci :

  • berapa medali yang didapat cabang sepak bola
  • berapa medali yg di kumpulkan indonesia
  • indonesia mendapat berapa mendali dan dari cabang apa saja
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment