Tim Yang Lolos Ke 8 Besar ISC B

Bagikan Berita Ini

Kompetisi kasta kedua Indonesia yang saat ini bergulir, ISC B telah menyelesaikan laga pamungkas babak grup 16 Besar pada 12 November lalu. Pada pertandingan-pertandingan yang digelar hampir serentak tersebut, memunculkan hasil akhir yang terhitung lumayan mengejutkan. Beberapa klub kawakan atau disebut tim tradisional ternyata  gagal lolos ke fase selanjutnya.

Tim yang dimaksud tersebut adalah Persik Kediri, PSIM Yogyakarta dan PSIS Semarang. Ketiga tim kawakan tersebut harus terima nasib karena  kalah bersaing dengan tim yang secara reputasi masih dibawah mereka, semacam Martapura FC ataupun Perssu Sumenep. Berikut gambaran mengenai persaingan menuju 8 Besar ISC 2016.

Grup A, diisi oleh PSIM bersama dengan PSCS Cilacap, Perssu Sumenep dan Persiraja Banda Aceh. Bukan grup yang terlalu ketat, tetapi PSIM tidak mampu memanfaatkan hal ini dengan maksimal. Tim Laskar Mataram tidak mampu tampil konsisten, baik di kandang sendiri maupun ketika bertamu ke tempat orang. Justru PSCS yang mampu menguasai grup ini, meski tidak terlalu diunggulkan.

Selalu meraih poin penuh ketika bermain dihadapan suporter sendiri, di Stadion Wijayakusuma adalah kunci yang menempatkan mereka sebagai pemuncak grup. Perssu Sumenep menyusul diperingkat dua berkat 3 kali menang, imbang sekali dan dua kali kalah. Sementara itu PSIM meski pernah menang dikandang Persiraja, juga pernah dipermak 0-3 oleh Perssu di Mandala Krida dan derita kekalahan dilaga pamungkas versus PSCS, membuat kans lolos ke fase berikutnya otomatis lenyap.

Klub dari Yogyakarta lainnya, PSS Sleman berhasil menjadi yang terbaik di Grup B. PSS berada di satu grup dengan klub-klub kuat seperti Persita Tangerang dan Persepam Pamekasan, satu klub lain yaitu asal Borneo, Persepar Palangkaraya. PSS merajai grup dengan tidak tersentuh kekalahan sama sekali, rinciannya adalah empat kali menang dan sekali seri. Dibawahnya Persita sebagai runner-up, Persepam ketiga dan Persepar terdampar di posisi juru kunci. Dengan keberhasilan ini Elang Jawa, julukan PSS, sukses meneruskan tren positif dengan menjadi juara grup. Sebelumnya pada babak awal ISC B, PSS juga keluar sebagai juara Grup 5.

Persik Kediri, klub kawakan yang pernah menjadi juara divisi utama (sebelumnya ISL dan saat ini TSC), kini terjun bebas. Bahkan di ISC B kali ini, untuk sekedar lolos ke 8 besar pun tidak mampu. Tim yang sempat mendominasi pesepakbolaan Indonesia di era tahun 2000an ini kalah bersaing dengan tim antah berantah seperti Martapura FC dan Perserang Banten. Martapura yang bercokol diperingkat satu beroleh poin 11, sama dengan yang dipunyai Perserang, hanya Martapura unggul dari segi produktivitas gol (mencetak 12 dan kemasukan 6 gol).

Sedangkan Persik Kediri berada di peringkat tiga dengan koleksi 10 poin, peringkat empat adalah Celebes dengan hanya satu poin saja yang berhasil diperoleh. Grup C ini benar-benar penuh kejutan, kenapa penuh kejutan? Karena dua tim yang gagal lolos dari Grup C adalah para juara grup di fase sebelumnya. Iya, Persik Kediri adalah juara Grup 6 dan Celebes ialah juara Grup 8.

Klub kawakan lain yang gugur ada di Grup D, klub itu adalah PSIS Semarang. Laskar Mahesa Jenar tersisih akibat persaingan dengan PSPS Pekanbaru dan Persekap Kota Pasuruan. Grup ini terbilang grup neraka jika dilihat dari klasemen akhir. PSGC Ciamis yang menghuni dasar klasemen hanya berjarak tiga poin dengan PSPS yang berada dipucuk klasemen dengan angka 9. Jarak yang tipis juga terlihat jika rincian poin diperlihatkan. PSPS (9), Persekap Kota Pasuruan (9), Persik (8), dan PSGC (6). PSPS berada dipuncak berkat keunggulan dalam jumlah produktivitas gol dari Persekap.

Klub-klub yang lolos ke 8 Besar ISC adalah sebagai berikut: Grup A diwakili PSCS Cilacap dan Perssu Sumenep, Grup B menghasilkan PSS Sleman dan Persita Tangerang, dari Grup C ada Martapura FC dan Perserang Serang, yang terakhir di Grup D yaitu PSPS Pekanbaru dan Persekap Kota Pasuruan. Delapan besar ini akan menggunakan sistem gugur, dimana juara grup akan dipertemukan dengan runner-up.

Babak 8 Besar ISC B sendiri jika sesuai rencana akan dimulai sejak 29 November 2016, bertempat di Stadion Manahan Solo. Sementara sampai tulisan ini dibuat, hasil undian 8 Besar belum keluar karena undian tersebut baru akan dilakukan setelah adanya pertemuan teknik peserta delapan besar atau perempat final Indonesia Soccer Championship 2016.

Dicari dengan kata kunci :

  • hasil isc b 8 besar
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment