Target Medali Emas Indonesia di Sea Games 2017 #AyoRebutEmas

Bagikan Berita Ini

Sea Games 2017 akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Pekan olahraga Asia Tenggara ke-29 ini rencananya akan digelar pada tanggal 19-30 Agustus 2017 mendatang. Sebanyak 11 negara Asia Tenggara akan mengirimkan atlet-atlet terbaiknya dalam event dua tahunan tersebut. Rencananya, Indonesia akan mengirimkan 857 kontingen ke Malaysia. Menurut Aziz Syamsudin selaku komandan kontingen Chef de Mission Sea Games 2017, saat ini para atlet Indonesia sedang menyiapkan mental. Selain menjalankan latihan rutin, membangun kesiapan mental juga sangat penting. Tanpa mental yang kuat, maka akan sulit bagi timnas Indonesia untuk mendapat gelar juara. Timnas Indonesia sendiri tidak menyiapkan terget untuk menyabet juara umum. Target medali Indonesia di Sea Games adalah sebanyak 50-60 dan diharapkan mampu menempati posisi ke-empat.

Kiprah Indonesia di Sea Games 2015

Indonesia sempat gagal pada gelaran Sea Games 2015 di Singapura dengan menempati posisi ke-lima. Pada saat itu, Indonesia hanya mampu membawa pulang 47 medali. Kini, seluruh masyarakat berharap timnas Indonesia mampu bangkit dan meningkatkan prestasinya. Setelah melalui serangkaian evaluasi, para atlet Indonesia ditargetkan mampu membawa pulang 50-60 medali. Dengan jumlah medali tersebut, maka Indonesia diperkirakan dapat menempati posisi ke-empat. Naik satu tingkat dari sebelumnya yang hanya menempati posisi ke-lima. Untuk mendapatkan posisi tersebut, Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas telah menyiapkan 471 atlet yang berpeluang menyumbangkan medali.

Target Medali Emas Indonesia di Sea Games 2017

Target Medali Emas Indonesia di Sea Games 2017

Pada Sea Games 2017, Indonesia tidak lagi menjadikan kemenangan sebagai target utama. Hal ini pernah dilakukan pada Sea Games 2015 yang diselenggarakan di Singapura. Saat itu, Indonesia ditargetkan akan menyabet juara umum Sea Games 2015. Namun, pada akhirnya Indonesia justru jatuh terpuruk dengan menempati posisi ke-lima. Menurut Satlak Prima, Sea Games 2017 ini hanya dijadikan sebagai batu loncatan untuk menuju Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Indonesia. Oleh karena itu, timnas Indonesia tidak ditargetkan mendapat gelar juara. Sea Games 2017 bisa dijadikan cermin oleh para atlet pada ajang Asian Games mendatang. Sebagai tuan rumah, Indonesia diharapkan mampu menunjukkan prestasi terbaiknya di ajang Asian Games 2018.

Target Medali Emas Indonesia di Sea Games 2017

Pada Sea Games 2017 mendatang, target medali emas Indonesia adalah mampu merebut 15% saja dari total sebanyak 405 medali. Jika Indonesia mampu merebut kondisi tersebut, maka bisa dipastikan timnas Indonesia akan naik peringkatnya. Saat tim Indonesia mampu meningkatkan prestasinya, hal tersebut sudah sangat luar biasa. Meskipun hanya ditargetkan meraih 15% dari total medali, namun perjuangan tim garuda masih tetap berat. Bagaimana tidak? Tim merah putih telah kehilangan 27 kesempatan medali emas karena banyak nomor pertandingan yang telah dihapus dan tidak dipertandingkan lagi. Hal tersebut menyebabkan peluang Indonesia semakin kecil untuk mendapat gelar juara. Apapun yang terjadi, masyarakat yakin bahwa tim nasional Indonesia mampu berjuang semaksimal mungkin untuk mewujudkan perolehan prestasi yang telah ditargetkan.

Agar tim nasional Indonesia bisa meraih kesuksesan, maka sangat dibutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia. Dukungan dari pemerintah sangatlah penting, terutama dalam memberikan fasilitas yang layak selama berlangsungnya kompetisi. Selain itu, para atlet Sea Games juga diharapkan bisa mendapatkan bonus tambahan. Tidak selalu dalam bentuk uang tunai, bisa berupa jaminan kesehatan, jaminan pengangkatan menjadi pegawai sipil, atau fasilitas lain yang memiliki nilai tinggi. Dengan begitu, maka para atlet akan lebih merasa dihargai dan lebih semangat untuk mengharumkan nama bangsa.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment