Setitik Cerita Dibalik Olimpiade 2016 Rio

Olimpiade 2016 Rio atau yang disebut juga Olimpiade Musim Panas 2016 dan secara resmi disebut sebagai Games of the XXXI Olympiad merupakan ajang olahraga internasional yang diadakan di ibukota Brazil, Rio de Janeiro. Pelaksanaannya mulai dari tanggal 5 hingga 21 Agustus 2016. Jumlah atlet yang turut berpartisipasi diperkirakan berjumlah lebih dari sepuluh ribu lima ratus atlet dari dua ratus enam Komite Olimpiade Nasional di seluruh dunia, termasuk dari Sudan Selatan dan Kosovo yang baru pertama kali ikut serta.

Acara akbar ini akan memperebutkan tiga ratus enam keping medali dari dua puluh delapan cabang olahraga berbeda, termasuk rugby sevens serta golf yang baru pertama kali ini ditambahkan pada Olimpiade 2016 Rio. Ajang ini sendiri akan diselenggarakan di total tiga puluh tiga gelanggang olahraga di Brazil, termasuk di antaranya di kota Sao Paulo, Salvador, Rio de Janeiro, Brasilia, Manaus serta Belo Horizonte. Rio de Janeiro sendiri terpilih menjadi tuan rumah dalam sidang umum KOI yang ke-121 pada 2009 lalu di Kopenhagen, Denmark.

Kandidat tuan rumah lainnya adalah Madrid di Spanyol, Tokyo di Jepang dan Chicago di Amerika Serikat. Terpilihnya Rio de Janeiro membuatnya sebagai kota pertama di benua Amerika bagian selatan yang terpilih dan kota kedua di negara Amerika Latin setelah Meksiko di tahun 1968. Proses pemilihan kota tuan rumah ini sendiri telah resmi diumumkan di tahun 2007 dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan pada KOI. Kota Doha di Qatar tidak terpilih walau skornya lebih tinggi dibanding Rio karena Doha juga kaan menggelar Olimpiade di bulan Oktober.

Olimpiade 2016 Rio

Olimpiade 2016 Rio

Olimpiade 2016 Rio

Sebelum resmi diadakan Olimpiade 2016 Rio, terdapat beberapa batasan yang sengaja dibuat agar kota pencalon dapat berkomunikasi atau bahkan mempengaruhi para anggota dalam pemungutan suara. Kandidat juga tidak diperbolehkan untuk mengundang para anggota KOI ataupun mengirimkan sesuatu yang dapat dianggap sebagai hadiah. Namun kota pencalon umumnya akan berinvestasi dalam beberapa program media guna menggalang dukungan yang berasal dari dalam negeri dan secara tidak langsung akan turut mempengaruhi anggota KOI.

Selain Rio de Janeiro, beberapa kota di Amerika Selatan juga turut mencalonkan dirinya namun gagal, mereka adalah Buenos Aires, Cali dan Brasilia. Olimpiade 2016 Rio akan mempertandingkan aneka cabang olahraga mulai dari sepakbola, panahan, badminton, basket, kano, tinju dan bersepeda. Sebelumnya akan diadakan upacara pembukaan atau opening ceremony di Stadion Maracana pada 5 Agustus. Di tempat yang sama pada tanggal 21 Agustus akan diadakan upacara penutupan atau closing ceremony. Pesta olahraga ini dijamin akan berlangsung dengan sangat meriah dan disaksikan oleh berjuta pasang mata di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa

Latest posts by Arista Budiyono (see all)

Related Posts

About The Author

Add Comment