Sekilas Tentang Sejarah Liga Super Indonesia

Anda penggemar olah raga sepak bola? Jika iya, pasti sudah sangat akrab dengan Liga Super Indonesia atau Indonesia Super League yang juga disingkat dengan ISL. Liga Super Indonesia merupakan kompetisi sepak bola yang paling bergengsi di Indonesia. Liga sepak bla satu ini memiliki pride atau tingkat profesionalitas yang paling bagus di Indonesia. Namun dibalik Liga Super Indonesia yang sangat populer dan bergengsi ini, apakah Anda sebagai penggemar sepak bola sudah tau sejarah Liga Super Indonesia?

Liga Super Indonesia tentu tidak ada begitu saja. Ditambah lagi, Liga Super Indonesia bukanlah liga pertama yang ada di Indonesia. Sebagai penggemar sepak bola sejati tentu kita harus mengetahui bagaimana Liga Super Indonesia terbentuk setelah bertahun-tahun menjalankan liga yang bukan Liga Super Indoneisa. Mengetahui sejarah akan sesuatu yang kita gemari sangat penting untuk melihat dan peka akan perkembangan olah raga sepak bola Indonesia khususnya Liga Super Indoneia atau Indonesia Super League.

Dengan begitu kita bisa menambah pengetahun sebagai penggemar sepak bola. Bukan hanya peggemar atau supporter yang menyukai sepak bola dan klubnya saja, namun juga penggemar sepak bola yang cermat dan peka akan perkembangan sepak bola Indonesia melalui sejarah dari liga terbesar di Indonesia, yaitu Liga Super Indonesia atau Indonesia Super League (ISL). Berikut adalah penjelasan atau uraian singkat mengenai sejarah Liga Super Indonesia.

Permulaan dan Perkembangan Liga Super Indonesia

Liga Super Indonesia (ISL) sudah diusulkan sejak tahun 2007 sedangkan untuk Liga Indonesia yang terdiri dari dua macam kompetisi yakni Perserikatan dan Galatama sudah ada dan berjalan sejak tahun 1994. Pertandingan terakhir yang dijalankan oleh Liga Indonesia adalah pada musim tahun 2007. Setelah itu pada tahun 2008 dua kompetisi dari Liga Indonesia diganti menjadi Liga Super Indonesia. Dan disinilah sejarah Liga Super Indonesia dimulai.

Digantinya kompetisi yang sudah berdiri kurang lebih 8 tahun itu tidak semata-mata dilakukan begitu saja, namun hal ini dilakkan karena ada beberapa alasan yang menyebabkan pertandingan atau kompetisi Liga Indonesia harus diganti.

Pertama adalah karena persyaratan dari FIFA yang megharuskan liga teratas nasional di setiap negara diharuskan memiliki paling sedikit setidaknya 18 klub dan setiap klub haruslah klub professional tanpa dibantu oleh subsidi APBD dari pemerintah. Oleh karena itu Indonesia mempertimbangkan banyak hal untuk mengganti Liga Indonesia menjadi ISL dengan Djarum sebaga sponsornya.

Lalu, didasari karena ingin mewujudkan profesionalitas sepak bola Indonesia yang tinggi melalui persyaratan yang diterapkan kepada tiap klub. Kesuksesan ISL terbukti setelah setahun berjalan. Djarum ISL mendapatkan gelar sebagai Liga terbaik di Asia Tenggara dan Liga terbaik ke 8 di Asia. Sungguh sebuah sejarah dan perkembangan sepak bola yang fenomenal bagi liga yang baru berjalan beberapa tahun saja.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Related Posts

About The Author

Add Comment