Sejarah Piala Eropa dan Daftar Negara Pemenang

Bagikan Berita Ini

Siapa yang tidak tahu tentang Piala Eropa, sebuah kompetisi sepak bola Eropa yang bergengsi. Turnamen yang dihelat setiap 4 tahun sekali ini memang selalu ditunggu oleh masyarakat dunia, khususnya masyarakat Eropa. Dalam sejarah Piala Eropa, nama resmi dari turnamen ini adalah UEFA European Championship yang kemudian lebih dikenal sebagai Euro Cup atau Piala Eropa. Sejak pertama kali digelar yaitu pada tahun 1960 silam, Piala Eropa memang telah menjadi ajang kompetisi sepak bola yang selalu mendapatkan sorotan dunia karena tim yang bermain dalam Piala Eropa adalah tim yang terbaik di Eropa.

Kemudian, dalam turnamen yang satu ini, ada beberapa pergantian format pertandingan yang digunakan. Awalnya, jumlah kontestan yang ikut putaran final hanya 4 tim saja yang kemudian perhelatan tahun setelahnya semakin bertambah menjadi 8 tim dan 16 tim. Lalu, untuk tahun 2016 ini yang akan digelar dengan tuan rumah negara Prancis, panitia Piala Eropa menambah jumlah kontestan yang masuk putaran final menjadi 24 tim kuat yang ada di kawasan Eropa.

Sejarah Piala Eropa

Sejarah Piala Eropa

Dari tahun 1960, tahun pertama kali digelar, negara pemenang Piala Eropa terus berubah. Dalam sejarah Piala Eropa sendiri, ada beberapa negara yang telah mencatatkan namanya sebagai pemenang turnamen ini. Bahkan, diantara negara tersebut ada yang telah menjadi pemenang dalam beberapa kali perhelatan. Kira-kira, apa sajakah negara yang pernah menjuarai kompetisi sepak bola yang besar di Eropa ini? Berikut ulasannya untuk anda.

Dimulai dari tahun 1960, Uni Soviet mencatatkan namanya menjadi pemenang Piala Eropa. Selain Uni Soviet, ada negara Spanyol sebagai negara yang memegang trofi terbanyak dalam kompetisi ini. Kemenangan awal Spanyol dimulai dari tahun 1964 atau tahun kedua perhelatan akbar ini digelar. Kemudian, setelah sekian tahun lamanya tidak pernah mencicipi euforia kemenangan, Spanyol kembali menjadi juara pada tahun 2008 dan 2014. Dua kali kemenangan yang diraih tersebut membuat Spanyol mencatatkan diri sebagai juara bertahan dalam sejarah Piala Eropa.

Ada juga negara Prancis yang mampu menjadi pemenang sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 1984 dan tahun 2000 silam. Negara lain yang merasakan kemenangan sebanyak 2 kali yaitu Jerman Barat pada tahun 1972 dan 1980. Sedangkan untuk negara Eropa lain yang masuk dalam sejarah Piala Eropa sebagai pemenang kompetisi yaitu Italia tahun 1968, Cekoslovakia tahun 1976, Belanda tahun 1988, Denmark pada tahun 1992, Jerman di tahun 1996, dan Yunani pada tahun 2004. Lalu, bagaimana dengan kompetisi pada tahun 2016 nanti? Apakah Spanyol bisa mempertahankan gelar juara bertahan yang ada? Atau justru akan ada negara baru yang menjadi pemenang selanjutnya. Anda bisa langsung lihat pertandingan Piala Eropa ini untuk mengetahui jawabannya.

Dicari dengan kata kunci :

  • sejarah piala eropa
  • daftar negara yang pernah memenangkan piala euro
  • daftar piala euro tahun ke tahun
  • europa berapa taun skali
  • Negara pemenang euro terbanyak
  • sejarag piala euro
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment