Sejarah Piala AFF Dari Tahun 1996 Hingga Sekarang

Bagikan Berita Ini

Perhelatan Piala AFF merupakan salah satu hal selalu dinanti para negara di Asia Tenggara unjuk gigi memperebutkan sebuah piala sepak bola. Kejuaraan Sepak Bola ASEAN ini dibentuk pada tahun 1996 dan pertandingannya akan digelar secara rutin setiap 2 tahun sekali dengan tuan rumah yang berbeda setiap perhelatannya. Sampai saat ini, kejuaraan ini memiliki Thailand sebagai juara bertahannya. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak tentang sejarah Piala AFF, berikut ada penjelasannya.

Tiger Cup (1996-2004)

Pada awalnya, kejuaraan ini bukan dikenal sebagai Piala AFF melainkan Piala Tiger atau Tiger Cup. Dalam sejarah Piala AFF, nama tersebut digunakan sesuai dengan sponsor dari kejuraan tersebut yaitu sebuah perusahaan bir dari Singapura bernama Tiger Beer. Tuan rumah pertama dari Piala Tiger tahun 1996 yaitu Singapura dengan Thailand sebagai pemenangnya setelah mengalahkan Malaysia 1-0 di pertandingan final. Pada tahun 1998, perhelatan ini digelar di Vietnam yang mana Singapura keluar sebagai pemenang dengan kalahlah Vietnam 1-0.  Pada Piala Tiger tahun 2000 dan 2002, Indonesia dan Thailand bertemu di final dengan kemenangan Thailand berturut-turut. Mulai tahun 2002, kejuaraan tersebut digelar di dua negara. Di perhelatan Piala Tiger tahun 2004, Timor Leste pertama kali bergabung. Untuk juaranya sendiri ialah Singapura setelah mengalahkan Indonesia.

Sejarah Piala AFF Dari Tahun 1996 Hingga Sekarang

Sejarah Piala AFF Dari Tahun 1996 Hingga Sekarang

Kejuaraan Sepak Bola ASEAN (2007)

Dalam sejarah Piala AFF tahun 2007, Piala Tiger diubah namanya menjadi Kejuaraan Sepak Bola ASEAN. Pada kejuaraan ini, pertandingan diadakan di Singapura dan Thailand. Pada babak final, tim dari kedua tuan rumah bertemu. Saat itu, piala berhasil direbut oleh Singapura setelah menang agregat skor pertandingan kandang dan tandang dengan Thailand.

Piala Suzuki AFF (2008 – sekarang)

Selanjutnya, dalam sejarah Piala AFF, nama perhelatan ini kembali diubah menjadi Piala Suzuki AFF atau yang lebih dikenal dengan nama Piala AFF. Untuk tahun 2008, tuan rumah dari kejuaraan sepak bola ini adalah Indonesia dan Thailand. Pada perhelatan Piala AFF tersebut, Vietnam untuk pertama kalinya menjadi juara setelah berhasil kalahkan tuan rumah Thailand pada babak final. Sedangkan di tahun selanjutnya yaitu tahun 2010, Piala AFF kembali digelar di Indonesia. Hanya saja saat itu, tuan Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Vietnam. Mengenai juaranya, Malaysia berhasil merebut piala setelah pada final mengalahkan Indonesia dengan agregat skor 4-2.

Di tahun 2012, Piala AFF digelar di Malaysia dan Thailand dengan Singapura sebagai pemenang setelah kalahkan Thailand di final. Sedangkan pada tahun 2014 dimana Singapura dan Vietnam adalah tuan rumahnya, Thailand kembali catatkan namanya dalam sejarah Piala AFF dengan menjadi juara setelah berhasil kalahkan Malaysia. Sedangkan di tahun 2016 ini, nantinya Piala AFF akan diadakan di Myanmar dan Filipina.

 

Dicari dengan kata kunci :

  • sejarah piala aff
  • sejarah aff
  • sejarah piala tiger
  • brapa kali indonesia juara piala tiger
  • hasil piala aff dari dulu sampai skarang
  • Sejarah final aff
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment