Sejarah Olimpiade Kuno, Menilik Cikal Bakal Lahirnya Olimpiade

Bagikan Berita Ini

Pesta olahraga terbesar di dunia Olimpiade ternyata memiliki sejarah yang panjang. Sejarah Olimpiade diawali dari Olimpiade kuno yang dilakukan oleh bangsa Yunani kuno pada tahun 776 SM. Olimpiade kala itu dilakukan dengan tujuan perang ataupun kemiliteran. Kegiatan ini juga diikuti seluruh bangsa Yunani serta dengan tujuan untuk menghormati Dewa Zeus yang merupakan dewa tertinggi bangsa Yunani. Nama Olimpiade sendiri diambil dari Gunung Olympia atau disebut juga Olympus, tempat tinggal Dewa Zeus. Olimpiade kuno ini akan diadakan setiap empat tahun sekali.

 

Pada saat penyelenggaraan Olimpiade, seluruh olahragawan terbaik dari seantero Yunani akan berdatangan menuju sekitar Gunung Olympus. Mereka bertanding tidak secara tim namun secara perorangan. Pada saat dilaksanakannya Olimpiade, seluruh peserta yang tengah terlibat dalam perang saudara harus melakukan gencatan senjata, atau dikenai denda yang snagat besar. Pada pesta Olimpiade ini juga seringkali terjadi perjanjian damai. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade saat itu antara lain ialah atletik meliputi lari, lempar dan loncat serta pacuan kuda hingga pacuan kereta.

 

Sejarah Olimpiade tak terlepas dari penampilan para atlet-atletnya yang kebanyakan tidak mengenakan baju sama sekali alias telanjang. Inilah mengapa Olimpiade kuno pada zaman dahulu hanya boleh diikuti dan ditonton oleh kaum laki-laki saja. Mereka juga merasa bangga karena memiliki tubuh yang atletis. Pembukaan pesta Olimpiade umumnya akan diwarnai dengan lomba kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda. Sekitar empat puluh kereta disediakan untuk kemudian disejajarkan dalam kandang yang berada di luar gerbang. Jarak yang harus ditempuh sekitar empat belas kilometer.

 

Berbeda dengan Olimpiade masa kini, pada Olimpiade zaman dahulu mahkota kemenangan akan diberikan pada pemilik kereta serta kuda yang semuanya adalah orang-orang kaya. Ini karena orang-orang kaya memiliki kedudukan yang terhormat dan biasanya bisa mengirim hingga tujuh kereta kuda guna mengikuti perlomaban. Sejarah Olimpiade kuno juga identik dengan kata keras, karena belum adanya peraturan pada zaman dahulu serta minimnya pemahaman akan keselamatan dalam bertanding. Pertandingan lari misalnya, akan dilakukan tanpa menggunakan alas kaki. Sementara  pacuan kuda dilakukan tanpa menggunakan pelana.

Sejarah olimpiade

Sejarah olimpiade

Pemenang Olimpiade nantinya akan akan mendapat mahkota dedaunan, diarak keliling kota dan dibebaskan dari pajak. Beberapa kota tertentu memberikan hadiah uang dalam jumlah yang cukup besar. Menilik sejarah Olimpiade yang cukup panjang tersebut, kini Olimpiade telah banyak berubah. Olimpiade tidak hanya diselenggarakan di Yunani tapi juga di berbagai negara di dunia secara bergantian. Pesertanya juga tidak hanya laki-laki dan semuanya mengenakan pakaian lengkap serta mewakili satu negara tertentu, bukan secara perseorangan. Cabang olahraga yang dipertandingkan semakin banyak dan telah ditegakkan peraturan demi keselamatan peserta dan juga penonton.

Dicari dengan kata kunci :

  • sejarah olimpiade kuno
  • olimpiade kuno
  • sejarah olimpiade
  • bapak olimpiade kuno
  • sejarah olimpiade olahraga
  • sejara olimpiade
  • pendiri olimpiade
  • olimpiade kuno modern
  • kenapa olimpiade hanya untuk laki
  • cabang olahraga olimpiade kuno
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment