Pilih Tiga atau Empat Bek Allegri?

Bermain dua kali dalam seminggu adalah sebuah resiko tim yang bermain di Eropa. Juventus melakukannya tiap tahun selama lima tahun terakhir. Hal yang menjadi masalah klasik bagi tim yang bermain di Eropa tentu saja adalah kebugaran pemain.

Solusi yang paling logis adalah dengan melakukan rotasi pemain. Juventus akrab dengan formasi 3-5-2 yang dipakai sejak era Antonio Conte. Conte yang cukup fanatik dengan formasi 4-2-4 yang ia gunakan sejak menangani Siena, harus mengubah formasi untuk membuat optimal permainan Juventus. Dimulailah era 3-5-2. Hal ini diteruskan Allegri. Allegri yang tampaknya bermain aman, meneruskan formasi yang dibangun Conte, ia juga menerapkan formasi 3-5-2.

Bermain melawan Empoli di terik siang hari minggu sebelum jeda internasional, Juventus kehilangan beberapa pemain. Mehdi Benatia diperkirakan cedera satu minggu. Daniele Rugani dan Kwadwo Asamoah absen satu setengah bulan. Stok bek tengah sangat menipis. Menyisakan line up utama yaitu trio Barzagli, Bonucci, Chiellini tanpa ada cadangan mumpuni.

Agak riskan bagi Allegri untuk memaksakan formasi 3-5-2 ditengah badai cedera yang melanda. Formasi 4-3-3 bisa menjadi alternatif bagi Allegri yang kekurangan bek tengah. Duet Barzagli – Bonucci bisa menjadi pilihan utama mengingat Chiellini dalam beberapa pertandingan terakhir kerap melakukan kesalahan. Allegri yang terlihat belum move on dengan posisi deep lying playmaker sering menempatkan Pjanic di posisi regista, walaupun terlihat wasted karena kemampuan menyerang dan memberi umpan Pjanic tidak tereksploitasi dengan baik. Hernanes bisa menjalankan posisi deep lying playmaker dengan baik sewaktu melawan Zagreb. Posisi Khedira aman selama cedera tidak mengganggunya. Satu spot starting eleven jelas untuknya.

Yang menarik, akankah Allegri menggunakan formasi 3 penyerang melebar atau menggunakan duet Dybala Higuain dengan seorang trequartista yang bisa diisi oleh Pjanic. Jika Allegri menggunakan 3 penyerang melebar, Marko Pjaca bisa menambah minutes play nya di pertandingan kali ini. Pjaca bisa beroperasi di sayap kiri ditemani Dybala yang mengisi posisi penyerang kanan. Keduanya bisa melakukan cut inside seperti Robben di Bayern. Penyerang tunggal bisa diisi oleh Higuain atau Mandzukic.

Menarik untuk ditunggu apakah Allegri akan menggunakan tiga atau empat bek. Let see on Sunday!!

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa

Related Posts

About The Author

Add Comment