Mata Biru vs Mata Merah

Juan Mata merupakan salah satu gelandang tengah terbaik yang bermain di Premier League. Memiliki kreativitas dan visi yang baik membuat peran pemain ini sangat penting sebagai jendral lapangan tengah. Tidak hanya itu, Mata juga memiliki kecepatan yang cukup mumpuni sehingga ia kerap kali dimainkan sebagai pemain sayap. Tapi tentu, untuk mengeluarkan performa terbaiknya, Mata harus bermain di belakang striker sebagai seorang central attacking midfielder.

Mata pertama kali mendaratkan kakinya di tanah Inggris pada tahun 2011. Saat itu ia masih bermain di tanah kelahirannya (Spanyol) sebelum akhirnya pindah ke Chelsea. Di klub barunya, ia tidak perlu waktu lama untuk menembus skuat utama. Bahkan ia memenangkan Champions League dan Europa League bersama Chelsea. Sebuah pencapaian yang cukup fantastis.

Namun ternyata takdir berkata lain, pada Januari 2014, Mata dijual Mourinho ke klub rival Manchester United. Sang manajer menyatakan bahwa Mata memang bukan bagian dari rencananya dan ia tergiur dengan jumlah uang yang ditawarkan United. Oleh karena itu, ia rela menjual pemain yang sudah 2 kali memenangkan penghargaan player of the season di Stamford Bridge. Keputusan ini tentu diambil berdasarkan banyak faktor, namun, pendukung the Blues tidak senang karena Mourinho lebih memilih Oscar ketimbang Mata. Tapi apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur.

Berseragam Manchester United, Mata belum berhasil memenangkan apapun. Ia bahkan kesulitan untuk beradaptasi di skuat utama United. Pemain yang sudah pernah menjuarai Piala Dunia bersama Spanyol ini lebih sering dimainkan di posisi sayap kanan. Hal ini membuat kreativitasnya kurang terlihat.Juan Mata

Jika dilihat dari statistik diatas, produktivitas Mata dalam hal membuat assist menurun drastis. Tentu ini membuktikan bahwa memang Mata masih sulit menemuka performa terbaiknya di United. Ia malah lebih sering mencetak gol saat berseragam merah. Menurut saya, Mata lebih baik saat ia masih bermain untuk Chelsea, selain karena bermain di posisi favoritnya, ia juga didukung oleh striker yang berkualitas. Lain halnya dengan Manchester United yang saat ini sedang krisis striker kelas dunia. Apakah kalian sependapat dengan saya? Lebih baik mana Mata Biru (Chelsea) atau Merah (United)?

Tulisan Calvin Makaminang
Founder of @gamingcjm & @footballcjm.
Penulis bisa dijumpai di akun twitter @calvinjoshua16

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa

Latest posts by Arista Budiyono (see all)

Related Posts

About The Author

Add Comment