Kolom – Sepenting Apa Coquelin Bagi Arsenal

Bagikan Berita Ini

Sejak kembali dari masa peminjaman di Charlton Athletic pada akhir tahun 2014, Coquelin menjelma menjadi salah satu pilar penting Arsenal. Saat itu Wenger terpaksa memulangkan Coquelin ke Arsenal karena krisis cedera yang tengah terjadi. Dengan harapan awal hanya untuk menutup kekosongan pos yang ditinggal Aaron Ramsey, Wenger malah mendapat ‘solusi jangka panjang’ untuk menjawab teriakan para fans yang meminta dirinya membeli gelandang bertahan berkualitas. Arsenal kehabisan stok CDM (Central Defensive Midfielder) seperti Patrick Vieira dan Gilberto Silva. Pemain yang memiliki kekuatan serta visi untuk mengalirkan bola dari belakang.

Sebenarnya posisi tersebut sudah diisi oleh Mikel Arteta dan Mathieu Flamini, tapi seiring berjalannya waktu, kedua pemain ini sudah menembus umur 30 tahun dan tidak lagi berada di performa terbaiknya. Karena itu para fans kerap meminta Wenger untuk membeli gelandang bertahan baru. Sempat diisukan akan memboyong Victor Wanyama dan Adrien Rabiot, Wenger malah membeli Petr Cech dari Chelsea di bursa transfer musim panas 2015.

Sepenting Apa Coquelin Bagi Arsenal

Sepenting Apa Coquelin Bagi Arsenal

Gaya bermain Coquelin tentu berbeda dari Santi Cazorla yang merupakan playmaker, Pemain asal Perancis ini adalah orang pertama yang harus memutus serangan lawan dan melindungi empat bek sejajar Arsenal. Ia juga harus menjadi jembatan antara pemain bertahan dan juga pemain depan Arsenal. Peran ini serupa dengan Matic (Chelsea), Schneiderlin (Manchester United), Henderson (Liverpool), dan Yaya Toure (Manchester City) yang merupakan pemain bintang dari tim-tim top liga Inggris. Untuk itu coba kita lihat perbandingan kelima pemain ini.

Sangat mengejutkan bukan? Ternyata Coquelin merupakan CDM tebaik dari lima pemain yang kita bandingkan tersebut dalam hal tekel yang dimenangkan, total duel, dan keberhasilan umpan. Tentu hal ini membuat Wenger sangat memerlukan jasa Coquelin di setiap pertandingan. Coquelin memang kurang berkontribusi dalam terciptanya suatu gol seperti Mesut Ozil dan Alexis Sanchez, namun peran sebagai gelandang bertahan sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan lini belakang dan depan Arsenal. Jadi menurut kalian, apakah Wenger perlu membeli gelandang bertahan baru? Atau kualitas Coquelin sudah cukup untuk menjadi CDM utama Arsenal?

Tulisan Calvin Makaminang
Founder of @gamingcjm & @footballcjm.
Penulis bisa dijumpai di akun twitter @calvinjoshua16

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment