Kiprah Indonesia di Sea Games #AyoRebutEmas

Bagikan Berita Ini

Sea Games merupakan pesta olahraga Asia Tenggara yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali. Tidak hanya ditunggu oleh para altit saja, ajang tersebut juga selalu ditunggu oleh masyarakat se-Asia Tenggara. Kiprah Indonesia di Sea Games juga selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, Indonesia juga sempat beberapa kali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara. Terakhir, Indonesia dipilih menjadi tuan rumah Sea Games 2011. Hingga saat ini, Indonesia masih menyandang status sebagai negara paling sukses dalam ajang bergengsi tersebut. Bagaimana tidak? Sejak pertama kali memulai kiprahnya tahun 1977 di Kuala Lumpur, Indonesia tercacat pernah 10 kali menjadi juara umum. Dengan meraih 62 medali emas, Indonesia langsung dinobatkan sebagai juara umum Sea Games 1977. Dengan prestasi tersebut, Indonesia berhasil mencuri perhatian seluruh masyarakat di Asia Tenggara.

Setelah dinobatkan sebagai juara umum pada tahun 1977, timnas Indonesia kembali mendapatkan juara umum padaajang Sea Games selanjutnya. Tercatat, Indonesia pernah 10 kali menempati daftar juara umum Sea Games sepanjang masa yaitu pada tahun 1979, 1981, 1983, 1987, 1989, 1991, dan 1993. Sayangnya, kejayaan Indonesia mulai meredup setelah meraih juara pada tahun 1997. Sejak saat itu, timnas Indonesia mengalami kesulitan untuk kembali mendapatkan gelar juara. Setelah menunggu sekian lama, mimpi Indonesia untuk kembali menjadi juara umum Sea Games akhirnya terwujud pada tahun 2011. Kemenangan ini merupakan hadiah terindah bagi masyarakat Indonesia yang selalu mendukung tim garuda.

Pencapaian Terbaik Indonesia di Sea Games

Berikut ini adalah ringkasan pencapaian terbaik Indonesia pada ajang pesta olahraga Asia Tenggara :

  • Sea Games 1977

Sebanyak 62 medali emas berhasil mengantarkan Indonesia menjadi juara umum pada debut pertamanya.

  • Sea Games 1987

Kemenangan berhasil diraih Indonesia dengan mengumpulkan 403 medali, diantaranya adalah 183 medali emas, 136 perak, dan 84 perunggu.

  • Sea Games 1991

Timnas Indonesia keluar sebagai juara umum berkat 245 medali yang berhasil mereka raih. Rincian medali tersebut antara lain 92 medali emas, 86 perak, dan 67 perunggu.

  • Sea Games 1993

Tim merah putih mendapat gelar juara dengan membawa pulang 253 medali, yaitu 88 medali emas, 81 perak, serta 84 perunggu.

  • Sea Games 1997

Indonesia berhasil meraih juara umum dengan memboyong 194 medali emas, 101 medali perak, dan 11 perunggu.

  • Sea Games 2011

Indonesia berhasil membawa pulang 476 medali, yaitu 182 medali emas, 151 perak, dan 143 perunggu.

Kiprah Indonesia di Sea Games

Kiprah Indonesia di Sea Games

Setelah berhasil keluar sebagai juara umum pada Sea Games 2011, tim merah putih kembali gagal meraih juara pada Sea Games 2013 dan 2015. Bahkan, prestasi Indonesia menurun drastis pada Sea Games 2015 dengan menempati posisi kelima. Hal tersebut tentu menjadi pukulan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Negara yang menjadi pemegang rekor juara umum terbanyak ternyata tidak lagi mampu menunjukkan kegagahannya.

Namun, Indonesia tidak boleh selamanya larut dalam keterpurukkan. Tim nasional Indonesia harus bangkit dan menunjukkan prestasi terbaiknya. Menjelang Sea Games 2017, masyarakat Indonesia menaruh harapan yang besar kepada timnas merah putih. Mereka berharap timnas Indonesia mampu mengukir prestasi yang yang cemerlang. Timnas Indonesia sendiri tidak membua targetyang terlalu tinggi. Mereka hanya akan berjuang dengan segala kemampuan yang dimiliki. Meskipun masih dibayangi dengan keraguan, namun timnas Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, timnas Garuda sangat membutuhkan dukungan dan semangat yang tinggi dari masyarakat.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa
Bagikan Berita Ini

Related Posts

About The Author

Add Comment