Jokowi Beri Arahan, Menpora Siap Cabut Pembekuan PSSI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, untuk dalam satu dua hari ini mengkaji kemungkinan rencana pencabutan pembekuan PSSI.

Hal itu terungkap usai pertemuan yang melibatkan Presiden, Menpora, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan ketua Komite Ad-hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar di Istana Merdeka, Rabu (24/2) sore.

Menurut Menpora, pihaknya menyanggupi arahan presiden Jokowi dan akan mengumumkan hasilnya dalam waktu dekat ini.

“Dalam waktu 1-2 hari kami akan putuskan tentang pembekuan PSSI. Kami diberi kesempatan untuk mengkaji dari aspek hukum, politis, termasuk kesepakatan-kesepakatan yang dulu pernah disampaikan dalam pertemuan FIFA dan Presiden. Kami tidak ingin sanksi berlanjut,” terang Imam Nahrawi seusai pertemuan.

Meski demikian, Menpora meminta syarat kepada PSSI untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB). Menpora minta lebih cepat daripada yang diajukan Komite Ad-hoc Reformasi PSSI, yakni dalam jangka waktu enam bulan ke depan.

Sedangkan menurut Agum Gumelar, pembekuan PSSI sudah hampir pasti akan dicabut oleh Pemerintah. Dia juga tidak menutup kemungkinan soal digelarnya KLB PSSI.

“Kabar baik, PSSI akan diaktifkan kembali dan Komite Ad Hoc Reformasi akan terus berjalan untuk melakukan langkah pengawasan dan perbaikan,” ujar Agum.

Rilis lengkap pernyataan Kemenpora:

Menpora bersama Wapres dan Ketua Komite Ad Hoc Agum Gumelar baru saja selesai mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Hasilnya sebagai berikut:

1. Pertemuan berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

2. Baik Wapres, Menpora maupun Agum Gumelar telah menjelaskan standing point masing-masing tentang tujuan reformasi dan kelanjutan survival PSSI bagi kepentingan berbagai event internasional.

3. Setelah tidak terlalu lama saling berdiskusi (jam 17.00 sd 17.40), Presiden memberi arahan pada Menpora untuk dalam satu dua hari ini mengkaji bagi kemungkinan rencana pencabutan pembekuan terhadap PSSI.

4. Menpora langsung menyanggupi arahan Presiden untuk langsung mengkaji rencana pencabutan pembekuan ini dan sesegera mungkin akan melaporkan pada Presiden.

5. Dalam standing point Menpora, akan dikaji dalam berbagai aspek dan juga tetap mengedepankan esensi reformasi/pembenahan tata kelola sepakbola nasional.

6. Seandainya pilihan pencabutan pembekuan tersebut diambil, pemerintah tetap akan menyertakan sejumlah persyaratan.

7. Termasuk persyaratan KLB yang tadi juga sudah disepakati oleh Agum Gumelar. Agum minta 1 tahun, tetapi Menpora dalam rencana kajiannnya akan minta 6 bulan (lebih cepat).

8. Ini bukan masalah kalah atau menang, tetapi bagi kepentingan sepak bola yang lebih baik, khususnya jelang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa

Latest posts by Arista Budiyono (see all)

Related Posts

About The Author

Add Comment