Italy vs Spanyol, Kualifikasi Piala Dunia 2018

Italia berhadapan dengan Spanyol. Setelah bertemu di Euro 2016, kedua tim kembali bertemu di kualifikasi piala dunia 2018. Pada pertandingan di babak enam belas besar Euro 2016, Itali berhasil unggul 2-0 lewat gol dari Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle. Berada di grup E, Italy sebelumnya mengantungi kemenangan atas Israel, sementara Spanyol sehabis membantai Liechtenstein dengan skor besar 8-0.

Bermain di Juventus Stadium tidak membuat Italia bisa bermain lepas. Spanyol terlihat bermain dengan mendominasi pertandingan di babak pertama. Penguasaan bola 71 berbanding 29 persen terlihat bagaimana dominasi Spanyol atas tuan rumah. Dengan dominasi posession seperti itu, Spanyol ternyata hanya mampu membuat dua shots on goal. Sementara Italia tampak bertahan total saat menghadapi lawannya kali ini. Itali sama sekali tidak tampak mengarahkan tembakan ke gawang di babak pertama.

Peluang pertama Spanyol datang melalui Andres Iniesta di menit ke sepuluh, setelah melakukan umpan one two ia melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Italia dan melancarkan tembakan. Sayangnya tembakannya terlalu pelan dan dengan mudah dijinakkan oleh Buffon. Pada menit ke 17, David Silva melayangkan tendangan di atas mistar gawang karena membentur De Rossi. Spanyol kembali mengancam dalam lima menit, di menit 19 Andres Iniesta mengirim umpan ke dalam kotak penalti, Pique menyambut umpan tersebut dengan sebuah sundulan yang masih melebar sedikit disamping tiang gawang. Pique kembali mengancam gawang Buffon dimenit ke 24, Carvajal mengirim umpan lambung ke kotak penalti disambut dengan sundulan Sergio Ramos yang menyodorkan bola kepada Pique, Pique dengan sergap menyambut bola itu dengan sundulan juga yang masih bisa diselamatkan oleh Buffon.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Vitolo yang menerima umpan yang menerobos pertahanan Italia. Buffon yang maju menghadang malah membuat blunder karena kegagalannya menyapu bola yang datang di depannya, Vitolo dengan mudah menceploskan bola dan membuat Spanyol unggul 1-0 atas tuan rumah Italia. Delapan menit menjelang pertandingan berakhir, sebuah serangan dari sayap kanan Italia berhasil membuat Spanyol dijatuhi hukuman penalti. Eder yang berada di kotak penalti dilanggar oleh Sergio Ramos, tanpa ragu wasit meniup peluit pertanda hukuman diberikan pada Spanyol. Daniele De Rossi yang ditunjuk sebagai pengambil tendangan penalti menjalankan tugasnya dengan baik hari itu. Ia membuat skor menjadi imbang 1-1. Italia hampir saja membuat skor menjadi berbalik saat Ciro Immobile mengirim umpan dari dalam kotak penalti dan gagal dimanfaatkan oleh Andrea Belotti. Belotti sendiri membuat sebuah gol yang dianulir karena ternyata Immobile yang mengirimkan umpan kepadanya sudah berada pada posisi offside.

Sampai peluit babak kedua dibunyikan skor tetap imbang 1-1. Spanyol dan Italia masih berada pada peringkat kedua dan ketiga klasemen grup E, sementara peringkat pertama saat ini diduduki oleh Albania.

Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Arista Budiyono

Tukang Ketik at Infosuporter
Kalau twitter @infosuporter
Kalau website Infoolahraga.net
jangan lupa

Latest posts by Arista Budiyono (see all)

Related Posts

About The Author

Add Comment