Cerita Tentang AFF Futsal Championship

Halo pemuda pemudi Indonesia. Salam Olah raga! Berbicara mengenai olah raga Indonesia, tentu olah raga yang paling terkenal dan diminati banyak orang adalah bola kaki. Yang paling terkenal dan memiliki popularitas paling tinggi pada permainan dan kompetisi nasional adalah sepak bola. Namun pada zaman sekarang ini, olah raga Futsal justru menjadi olah raga yang sangat diminati banyak orang baik siswa, mahasiswa, bahkan orang-orang kantor suka bermain futsal disela-sela waktu kosong mereka.

Dengan banyaknya minat orang untuk bermain futsal, maka mulai berkembang juga banyak tempat-tempat yang menyewakan lapangan futsal dengan harga dan waktu tertentu, tergantung kebijakkan si pemilik. Indonesia mengawali karirnya di bidang olah raga Futsal pada tahun 2002 di tingkat Asia. Indonesia belum memiliki tim nasional atau TIMNAS Futsal pada kala itu, sehingga banyak pemain cabutan dari tim sepak bola dalam negeri yang diambil secara tergesa-gesa lalu dipersiapkan untuk kompetisi tersebut. Oleh karena itulah akhirnya pada tahun 2006 Indonesia mulai mendirikan Liga Futsal Indonesia. Memang tidak sebesar Liga-Liga sepak bola di Indonesia, namun liga ini cukup bagi Indonesia untuk mempersiapkan tim atau squad dari Indonesia untuk turun dalam kompetisi Asia lainnya seperti AFC Futsal Championship atau AFF Futsal Championship.

Adanya liga futsal di Indonesia tentu bisa mengembangkan potensi serta melebarkan sayap Indonesia di kancah internasional melalui bidang oleh raga yang lain selain sepak bola ataupun badminton terkait dengan kepopuleran olah raga futsal yang mulai melonjak.

Indonesia dan AFF Futsal Championship.

Berbicara tentang Indonesia dan kompetisi Futsal Asia, salah satu kompetisi Asia yang terkenal adalah AFF Futsal Champonship. AFF Futsal Champonship merupakan kompetisi Futsal internasional dengan scoop kompetisi se-Asia Tenggara yang dilaksanakan oleh Federasi Sepak Bola Asean atau akrab disebut dengan kependekkannya yaitu AFF. Liga ini pertama kali diadakan pada tahun 2001. Sejak tahun 2001, kejuaraan futsal AFF ini selalu dimenangkan oleh sang raja kejuaraan futsal FF yaitu Thailand. Kualitas pemain futsal Thailand memang sangat bagus dan berkembang hingga masuk peringkat 11 dunia.

Hal ini kaena perhatian dari pemerintah Thailand yang baik terhadap Futsal Thailand. Setelah 9 tahun berturut-turut menjadi juara bertahan di AFF Futsal Championship, pada tahun 2010 akhirnya Indonesia berhasil memecahkan rantai kemenangan Thailand dengan menjadi juara pertama.

Setelah melalui dinamika yang banyak di tahun-tahun sebelumnya, Indonesia pun kembali memenangkan kejuaraan futsal AFF pada tahun 2016. Tim futsal Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di babak final dan menjadi juara di kandang sendiri karena Indonesia menjadi tuan rumah dan faktor tentang kematian Raja Thailand sehingga Thailand tidak bisa menjadi tuan rumah. Futsal memang perlu diperhatikan juga oleh pemerintah Indonesia agar tim futsal Indonesia juga bisa terus merangkai rantai kemenangan di AFC Futsal Championship atau AFF Futsal Championship sebagai negara terbesar di Asia Tenggara.

Dicari dengan kata kunci :

  • juara aff futsal paling banyak
Follow MeFollow on FacebookTweet about this on TwitterFollow on Google+Pin on PinterestFollow on LinkedIn

Related Posts

About The Author

Add Comment